Lima Hal Utama Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Mixer Audio

Lima Hal Utama Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Mixer Audio

Melihat tingginya kebutuhan sistem tata suara di Indonesia, pastinya akan diikuti dengan bertebarannya produk audio mixer. Ada mixer digital, analog, power, ada yang memiliki fungsi efek, hingga ukuran dan merek. Pastinya memilih produk tersebut bukanlah hal yang mudah. Untuk mempersempit pilihan, cek hal berikut saat akan membeli di vendor jual mixer audio.

Hal Yang Harus Diperhatikan Tentang Mixer Yang Akan Dibeli

  1. Equaliser Atau EQs

Pertanyaan utama yang harus Anda pikirkan adalah seberapa banyak kemampuan pembentukan suara yang diinginkan? Temukan jawabannya terlebih dahulu, karena hal tersebut akan berkaitan dengan fungsi Equaliser atau EQs yang dimiliki suatu mixer. Berkaitan dengan hal tersebut, Anda wajib tahu bahwa tidak semua mixer dilengkapi fitur ini.

Karena itulah, pilihan Anda akan semakin menyempit jika sudah tahu akan kebutuhan fungsi mixer. Lantas apa kegunaan dari EQs itu sendiri? Pada dasarnya tujuan utama adalah untuk menyesuaikan frekuensi dari suara. Entah itu lebih tinggi atau rendah dasarnya. Selain itu, Anda juga bisa pertimbangkan EQ parametrik multi band pada setiap channel input.

  1. Prosesor Dan Efek Pada Onboard

Pertimbangkan juga kemungkinan penambahan mixer baru pada rig. Jika Anda sudah memiliki peranti sistem, maka cek apakah pemrosesan yang digunakan adalah onboard ataukah jenis tempel.  Vendor jual mixer audio mungkin akan menawarkan mixer dengan onboard karena Anda tidak perlu melakukan penambahan gigi tempel pada sistem tersebut.

  1. Petunjuk Untuk Insert Dan Out

Hal yang satu ini berkaitan dengan kebutuhan pemrosesan input suara. Ada dua opsi yang bisa Anda pilih dan harus diperhatikan. Yang pertama adalah apakah perlu pengalihan input ke peranti pemrosesan eksternal bahkan rekaman. Opsi kedua adalah apakah Anda hanya akan melakukan pencampuran input pada output dengan mixer.

  1. Bagian Channels Dan Input Yang Tersedia

Masih berkaitan dengan input atau masukan. Cek jumlah jack input dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam tips yang satu ini, Anda perlu mempertimbangkan jumlah mikrofon yang akan digunakan. Selain itu ada baiknya juga untuk cek potensi ekspansi alat input di masa depan, yang berarti butuh lebih banyak port.

  1. Perutean Dan Bus Untuk Mixer

Meski pertimbangan ini bergantung pada kebutuhan perutean sistem audio, tapi pastikan vendor jual mixer audio bisa memberi pilihan terbaik. Konsultasikan tentang kebutuhan rute dan penggunaan. Seperti contohnya adalah penggunaan mixing efek secara eksternal, rekaman umpan, atau menggunakan mixing monitor.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat akan membeli mixer. Jangan takut untuk bertanya atau konsultasi pada penjual. Jika vendor tersebut berpengalaman, maka semua pertanyaan dan pertimbangan tersebut akan mampu dijadikan panduan pemilihan. Jika Anda butuh mixer audio, cek dan hubungi tim Goshen melalui portal resminya di https://www.goshen.co.id.

Tinggalkan komentar