Penulisan Amin yang Benar

Kumpulan Doa dan Penulisan Kara Amin yang Benar

Sebagai seorang muslim saat kita mengucapkan amin artinya kita ini sedang berdoa kepada Allah SWT. Baik itu untuk mendoakan seseorang atau mendoakan untuk diri sendiri. Lafal amin ini di ucapkan sebagai pengharapan supaya doa kita bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Kita ini bisa menjumpai beberpa kata amin diantaranya ini ada Amin, Aamin, Aamiin, dan Amiin. Semuanya ini memang terdengar sama, tapi sebenarnya semuanya ini memiliki arti yang berbeda. Pada kesempatan kali ini yuk kita bahas lebih lengkap.

 

Penulisan Amin yang Benar dan Artinya

Di dalam bahasa arab saat kita melafalkan sesuatu ada beberapa penyebutan yang beda, dari penyebutan tersebut bisa mengalami perubahan makna. Maka dari itu walaupun kedengaran sama, 4 kata  tersebut memiliki arti yang beda. Ini dia keempat arti kata tersebut:

  • آمِيْن (amin) memiliki arti berimanlah
  • أٰمِنْ (aamin) memiliki arti meminta perlindungan atau keamanan
  • أَمِيْنٌ (amiin) memiliki arti terpercaya atau amanah
  • أٰمِيْنَ (aamiin) memiliki arti kabulkanlah doa kami

 

Pengucapan Amin yang Benar

Sama dengan penulisan bahasa Indonesia, kata amin ini terdengar sama tetapi di dalam bahasa arab semuanya ini terdengar berbeda. Saat Anda menggunakan bahasa Arab ini dia beberapa cara untuk membacanya:

  • Amin : alif dan min sama-sama dibaca pendek
  • Aamin: alif dibaca panjang, sementara mim dibaca pendek
  • Amiin : alif dibaca pendek, sementara min dibaca lebih panjang
  • Aamiin : alif dan mim sama-sama dibaca panjang

 

Kumpulan Doa yang Pasti Diijabah Oleh Allah SWT

  • Doa Meminta Rahmat dan Petunjuk

إِذۡ أَوَى ٱلۡفِتۡيَةُ إِلَى ٱلۡكَهۡفِ فَقَالُواْ رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحۡمَةٗ وَهَيِّئۡ لَنَا مِنۡ أَمۡرِنَا رَشَدٗا

Artinya: “(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: ‘Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)’,” (QS Al-Kahfi: 10).

  • Doa Meminta Rahmat dan Karunia

“Allahumma Innii As-Aluka Min Fadhlika Wa Rahmatika Fa Innahu Laa Yamlikuhaa Illa Anta”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu karunia-Mu dan rahmat-Mu, karena tidak ada yang memilikinya kecuali hanya Engkau,” (HR Abu Nu’aim).

  • Doa Meminta Rahmat dan Ampunan

Berikut ini beberapa doa yang bisa Anda baca untuk meminta rahmat dan ampunan dari Allah SWT:

  1. Surat Hud

رَبِّ إِنِّيٓ أَعُوذُ بِكَ أَنۡ أَسۡ‍َٔلَكَ مَا لَيۡسَ لِي بِهِۦ عِلۡمٞۖ وَإِلَّا تَغۡفِرۡ لِي وَتَرۡحَمۡنِيٓ أَكُن مِّنَ ٱلۡخَٰسِرِينَ

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)-nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi,” (QS Hud: 47).

  1. Surat Al-Mu’minun

رَبَّنَآ ءَامَنَّا فَٱغۡفِرۡ لَنَا وَٱرۡحَمۡنَا وَأَنتَ خَيۡرُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik,” (QS Al-Mu’minun: 109).

  • Asmaul Husna

Bagi umat muslim pastinya sudah tahu asmaul husna. Dalam asmaul husna terdiri dari nama-nama Allah SWT yang didalamnya merupakan doa yang bisa memperlacar hajat. Seperti yang di sebutkan dalam firman Allah SWT di dalam surat Al-A’raf ayat 180 yang berbunyi “Allah mempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu” (QS.Al A’raf: 180).

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai, semoga informasinya bisa bermanfaat untuk Anda ya!

Tinggalkan Balasan