asam lambung naik

Kenali, Berikut Gejala Gangguan Pada Lambung

Lambung adalah bagian penting dari tubuh kita, karena organ pencernaan ini mengatur penyimpanan makanan, pengolahan makanan, bahkan menetralisir zat-zat beracun yang masuk ke dalam tubuh. Organ ini memiliki bentuk yang cukup unik seperti kantong kosong dengan rangkaian otot yang berfungsi untuk mengolah makanan dan menyerap sari-sari makanan.

Lambung menurut beberapa orang merupakan bagian terpenting nomor dua setelah otak karena di sini makanan anda di cerna sehingga nanti dapat di serap oleh tubuh dan menjadikan tubuh anda sehat karena badan anda telah menerima asupan nutrisi dari makanan yang di olah tadi. Bayangkan saja jika lambung anda mengalami gangguan, maka makanan yang anda makan tidak dapat di olah dengan baik. Bahkan lebih parahnya lagi jika lambung anda menolak makanan masuk, maka itu akan menyebabkan maagh kronis.

Penyakit lambung yang menghampiri manusia seperti contoh di atas sebenarnya terjadi akibat keteledoran manusia itu sendiri. Gaya hidup yang tidak sehat dan bisa juga terjadi akibat gangguan hormon dalam tubuh manusia itu sendiri. Di antara berbagai jenis penyakit lambung, ada satu yang sering di derita oleh manusia tanpa mengenal batasan usia. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh banyaknya pikiran dan mereka yang suka mengkonsumsi kopi secara berlebih, penyakit ini di sebut sebagai GERD atau gastroesophageal reflux atau biasa yang disebut sebagaiĀ  asam lambung naik .

Penyakit lambung tersebut terjadi akibat kenaikan zat asam di dalam lambung yang menyebabkan sensasi terbakar di dada dan seperti ada cairan panas yang bergerak naik ke kerongkongan. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan berakibat fatal bahkan ada beberapa kasus orang meninggal karena penyakit ini.

GERD oleh masyarakat umum ini tidak banyak diketahui gejala kemunculannya. Banyak yang mengira penyakit ini sama dengan penyakit maag. Oleh sebab itu, agar anda tidak salah mengartikan mari kita bahas mengenai gejala asam lambung naik, sebagai berikut.

  1. Rasa Terbakar

Rasa terbakar ini muncul di bagian dada karena asam yang ada di lambung berjalan menaiki kerongkongan dan karena zat asam ini bersifat korosif atau menimbulkan perih, maka akan muncul sensai terbakar. Gejala ini biasanya disebut juga sebagai heartburn.

  1. Terasa Asam

Bagian tubuh anda yang dapat merasakan sensasi asam ini adalah bagian mulut. Rasanya seperti di dalam mulut anda terdapat cairan bersifat asam yang keluar dari telak .

  1. Regurgitasi

Adalah sebuah sensasi seperti ada cairan bersifat panas dan asam yang berjalan berulang ke atas dari lambung menuju kerongkongan dengan cepat.

  1. Mual saat Berbaring

Perut anda akan terasa semakin sakit dan nyeri saat anda gunakan untuk berbaring. Jika anda terkena penyakit ini, sebaiknya duduk menyandarlah di tembok atau bantal. Agar cairan dapat mengalir ke bawah.

  1. Nyeri Dada

Hal ini dapaat disebabkan karena reaksi zat asam yang menyebabkan heartburn. Sehingga dada terasa sesak dan seperti di tekan. Anda sebaiknya melakukan duduk setengah berbaring agar tidak terlalu terasa sesak.

Itu tadi beberaapa gejala yang dapat anda pelajari dan dapat anda jadikan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu beberapa gejala atau bahkan semua gejala di atas ada pada diri anda. Setidaknya anda telah mengenali jenis penyakit tersebut dan penanganan pertama seperti apa yang harus anda tempuh saat gejala penyakit tersebut muncul.

Tinggalkan komentar