Cara Mencairkan Insentif Kartu Prakerja

Cara Mencairkan Insentif Kartu Prakerja Melalui GoPay Plus

Kartu Prakerja telah menjadi primadona bagi banyak warga Indonesia yang ingin mendapatkan pelatihan keterampilan. Selain bisa memberikan banyak manfaat di bidang pelatihan keterampilan, Kartu Prakerja juga menyediakan insentif bagi para pesertanya. Jika peserta sudah dinyatakan lolos seleksi, maka insentif akan diberikan secara non-tunai melalui dompet elektronik. Cara mencairkan insentif kartu Prakerja tentu tergantung jenis e-wallet yang Anda pilih. Pastikan untuk memilih dompet elektronik yang praktis dan tepat.

Rekomendasi dompet elektronik yang paling banyak digunakan oleh para peserta Prakerja adalah GoPay. Dengan berbagai fiturnya yang menarik, GoPay memberikan banyak kemudahan untuk para peserta dalam mencairkan insentifnya. Bisa melakukan transfer dengan mudah, tarik tunai “Cardless” di ATM BCA, serta keamanan saldo terjamin.

Apakah Gopay Prakerja Bisa Dicairkan?

Jika Anda ingin menggunakan GoPay untuk mencairkan insentif, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah meng-upgrade GoPay ke GoPay Plus.

Ada beberapa status yang perlu Anda ketahui ketika ingin meningkatkan GoPay ke GoPay Plus.

Setelah selesai melakukan upgrade, pastikan memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  • Nomor yang Anda daftarkan di Kartu Prakerja sama dengan nomor akun Gojek Anda.
  • Pilih GoPay sebagai uang elektronik untuk pencairan insentif Prakerja.
  • Pastikan nomor HP sudah tepat.
  • Anda diminta untuk memasukkan kode OTP dan PIN GoPay.
  • Pembayaran insentif Prakerja melalui GoPay telah aktif.

Pencairan prakerja lewat GoPay akan dikirimkan setelah Anda mengikuti pelatihan minimal satu kali. Sebagaimana yang telah dibahas di atas, saldo yang dikirimkan ke akun GoPay Anda bisa ditransfer ke akun bank atau ditarik tunai melalui pelayanan BCA “Cardless”.

Jika Anda sudah memiliki akun Prakerja dan gagal pada satu gelombang, maka tidak usah khawatir karena masih bisa mendaftar di gelombang selanjutnya.

Status verifikasi yang pertama adalah “Pending” yang artinya dokumen Anda masih proses pengecekan. Status kedua adalah “Disetujui” yang artinya akun Anda telah berhasil di-upgrade. Sedangkan yang ketiga adalah “Ditolak”, biasanya ada syarat atau ketentuan yang tidak sesuai. Waktu tunggu konfirmasi untuk status verifikasi adalah 1×24 jam.

Kenapa Insentif Prakerja Belum Cair?

Ada beberapa peserta yang mengalami masalah insentif Prakerja belum juga cair. Ternyata ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Jika Anda mengalami masalah serupa, mungkin salah satu dari sederet hal berikut ini bisa menjadi penyebabnya:

  • Anda belum memberikan penilaian pada platform digital dari mitra pelatihan.
  • Data diri yang terdaftar di dompet elektronik tidak sesuai dengan data diri Anda di Kartu Prakerja.
  • Akun dompet elektronik belum di-upgrade.
  • Akun e-wallet atau nomor rekening Anda tidak aktif.

Bagaimana Melihat Status Kelulusan Prakerja?

Anda pasti menginginkan kabar baik saat mendaftar Kartu Prakerja. Tetapi ada yang lolos seleksi, dan ada juga yang belum lolos.

Status kelulusan bisa Anda lihat langsung pada dashboard Prakerja. Apabila Anda dinyatakan lolos, maka langkah selanjutnya adalah memilih uang elektronik yang ingin Anda jadikan sebagai pengiriman insentif. Apabila Anda memilih GoPay, masukkanlah nomor yang Anda gunakan di akun Gojek. Pastikan juga Anda telah meng-upgrade GoPay ke GoPay Plus.

Tidak usah ragu mendaftar Kartu Prakerja, karena banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Mulai dari pengembangan diri, peningkatan kompetensi kerja, mudah mendapatkan pelatihan daring, serta memperoleh insentif bulanan.

Jangan lupa memilih GoPay sebagai e-wallet pilihan Anda untuk mencairkan insentif Prakerja. Sudah banyak peserta yang merasa puas dengan GoPay Plus

Tinggalkan komentar